Khamdani, Faisal (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MEDIA KARTU KATA (Penelitian pada Siswa Kelas 1 SDN Tempurejo 1 Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0177_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (769kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0177_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0177_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0177_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0177_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
membaca permulaan melalui pembelajaran aktif dengan media kartu kata pada
siswa kelas 1 SD Negeri Tempurejo 1 Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang disebut
dengan classroom action research. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus, masingmasing
siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa pada kelas 1 SDNegeri Tempurejo 1
Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi
dan wawancara. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis
kualitatif yang berupa hasil dari nilai kemampuan membaca permulaan siswa
yang disajikan dalam bentuk angka untuk mencari nilai rata-rata dan persentase
ketuntasan belajar
Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilaksanakan adalah pembelajaran
aktif melalui media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca
permulaan pada kelas 1 SD Negeri Tempurejo 1 Kabupaten Magelang, dibuktikan
dengan kemampuan Pra siklus kemampuan membaca permulaantingkat
ketuntasan belajar mencapai 45 % dengan rata-rata kemampuan mencapai 63.
Kemampuan membaca setelah siklus 1 tingkat ketuntasan meningkat menjadi 70
% dan nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan masih di bawah KKM 75
yaitu mencapai 73. Setelah diimplementasikan pembelajaran aktif melalui kartu
kata pada siklus 2, tingkat ketuntasan sudah mencapai 100 % dan nilai rata-rata
kelas mencapai 79.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si, dan Rasidi M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan, Pembelajaran Aktif, Media Kartu Kata
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 01:21
Last Modified: 27 Feb 2025 01:58
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1578

Actions (login required)

View Item View Item