Utami, Larassati Nur (2020) PENGARUH METODE DEMONSTRASI MELALUI MEDIA KOTAK KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN SBK (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jetis Purworejo). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0193_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (719kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0193_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0193_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0193_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0193_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (165kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode
demonstrasi melalui media kotak kolase terhadap peningkatan kerjasama siswa
kelas IV SD Negeri Jetis Purworejo.
Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental. Rancangan
penelitian eksperimen ini digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu
terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali dengan rancangan tes awal-tes
akhir pada satu kelompok (One Group Pretest-Posttest Design). Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jetis Purworejo sebanyak 17
siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Uji
validitas instrumen kuesioner menggunakan product moment sedangkan uji
reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha. Analisis data menggunakan
teknik statistik parametrik yaitu uji t (Paired Sample t-test). Dengan bantuan SPSS
18.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi melalui media
kotak kolase berpengaruh positif terhadap tingkat kerjasama siswa pada
pembelajaran SBK. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan hasil dari
pengukuran awal rata-rata 60,88, kemudian setelah diberikan perlakuan dan
diberikan pengukuran kembali diperoleh rata-rata 78,29. Sehingga diperoleh
selisih antara hasil pretest dan posttest 17,41. Hasil analisis uji Paired Sample t
test diperoleh nilai Sig (2-tailed) adalah 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha
diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat kerjasama siswa
sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Dengan demikian metode demonstrasi
melalui media kotak kolase berpengaruh positif terhadap kerjasama siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatna, M.Si., dan Agrissto Bintang Aji Pradana, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | kerjasama siswa, metode demonstrasi, kotak kolase |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 07 Oct 2020 07:10 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 02:38 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1577 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |