Mahfud, Nur (2019) PENGARUH KONSELING KELOMPOK BERBASIS RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENGURANGI DAMPAK BULLYING DI SEKOLAH. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.031.0059 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (777kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.031.0059 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.031.0059 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.031.0059 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0059 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh konseling kelompok berbasis
rational emotive behavior therapy (REBT) untuk mengurangi dampak bullying di
sekolah. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Kranggan,
Temanggung.
Pada Penelitian ini Peneliti menggunakan pra eksperimental design, desain
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest posttest
design dengan satu perlakuan. Sampel Penelitian diambil dengan model purposive
sampling yaitu siswa korban bullying yang memiliki dampak bullying tinggi. Sampel
yang dipilih atau yang digunakan dalam Penelitian ini sebanyak 8 siswa sebagai
kelompok eksperimen yang diberi perlakuan (konseling kelompok berbasis rational
emotive behavior therapy (REBT)). Metode Pengumpulan data menggunakan
angket dampak korban bullying. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data
statistic non parametrik yaitu Uji Wilcoxon Signer Ranks Test dengan bantuan
program SPSS for windows versi 20.00.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok berbasis Rational
Emotive Behavior Therapy (REBT) dapat menurunan atau mengurangi dampak
korban bullying di sekolah. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan atau
penurunan antara hasil skor pretest dengan rata – rata 146,53 sedangkan hasil skor
posttest dengan rata-rata 87,75 atau dapat menurunkan sebersar 41,14% dan
didukung oleh data yang menunjukkan adanya penurunan yang signifikan yang
ditunjukkan oleh hasil nilai Asymp.Sig. (2-tailed) adalah 0,012. Bahwa nilai
Asymp.Sig < 0,05 maka Ha diterima, H0 ditolak . Hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa konseling kelompok berbasis Rational Emotive Behavior
Therapy (REBT) berpengaruh untuk menurunan atau mengurangi dampak korban
bullying di sekolah.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi. dan Hijrah Eko Putro, M.Pd.(Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Konseling kelompok, Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Dampak Korban Bullying
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 02 May 2019 08:23
Last Modified: 18 Feb 2025 01:28
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item