Pradana, Ardiar Putra Trisnu (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING TERHADAP PENINGKATAN KONSEP DIRI SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Magelang). S1 thesis, Skripsi,Universitas Muhammadiyaj Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0055_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (604kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0301.0055_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0301.0055_FULLTEXT.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0301.0055_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0055_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Bimbingan Kelompok
dengan Teknik Modeling terhadap Peningkatan Konsep Diri Siswa. Penelitiam
pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni dengan model
Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 250
siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Magelang. Sampel penelitian berjumlah 16 siswa
yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 8 siswa pada kelompok eksperimen dan 8
siswa pada kelompok kontrol yang dipilih menggunakan teknik random sampling
dengan melakukan undian nama kepada siswa. Instrumen pengumpulan data yang
digunakan adalah skala konsep diri dengan hasil reliabilitas 0,950. Uji hipotesis
dalam penelitian ini menggunakan uji anova (analysis of verience) dengan hasil
nilai sig. 0,001 < 0,05. Perhitungan ini menggunakan program SPSS v.23.00 for
windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik
modeling berpengaruh terhadap peningkatan konsep diri siswa. Peningkatan
konsep diri siswa ditunjukkan dengan perbedaan skor skala konsep diri setelah
dilakukan perlakuan, serta perubahan perilaku sesuai dengan aspek konsep diri.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Sugiyadi, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling, Konsep Diri Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:28
Last Modified: 07 Mar 2025 06:07
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1518

Actions (login required)

View Item View Item