Nurlaeli, Saras (2019) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN SISWA TERLAMBAT KE SEKOLAH. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0034 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (935kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0034 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0034 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0034 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0034 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh menguji
konseling kelompok dengan teknik self management dalam mengurangi kebiasaan
siswa terlambat ke sekolah. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI TKR A
SMK Islam Sudirman Grabag T.A 2018/2019.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperiemen dengan model
One Group Pretest-Postes Design. Subjek penelitian di pilih secara purposive
sampling. Sampel yang diambil sebanyak 8 siswa, di peroleh dari hasil pretest
menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang memiliki tingkat
keterlambatan yang tinggi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan angket keterlambatan. Uji validitas instrumen angket keterlambatan
dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas
mengguanakan rumus Cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for
Windows versi 23.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji
homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji
Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for Windowsversi 23.00.
Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling kelompok dengan teknik self
management berpengaruh positif terhadap keterlambatan siswa di sekolah. Hal ini
dibuktikan dari hasil analisis Uji Paired Sample T-Test dengan probabilitas nilai
sig (2-tailed) 0,000<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat
perbedaan skor pretest dan posttest sebesar 27,375 atau 12,78%. Hasil dari
penelitian ini disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self
management berpengaruh untuk mengurangi keterlambatan pada siswa kelas XI
TKR A SMK Islam Sudirman Grabag T.A. 2018/2019.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.,Kons., dan Drs. H. Subiyanto, M.Pd., (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Self Management, Keterlambatan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 02 May 2019 07:57
Last Modified: 24 Feb 2025 02:26
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item