Setiyana, Sinta (2019) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY TERHADAP PENURUNAN PROKRASTINASI AKADEMIK. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0301.0033 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (721kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0301.0033 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0301.0033 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0301.0033 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0301.0033 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (74kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konseling kelompok
teknik cognitive behavioral therapy terhadap penurunan prokrastinasi akademik.
Penelitian dilakukan pada siswa kelas X TKR B SMK Muhammdiyah 1
Bandongan T.A. 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan
satu perlakuan. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa, 10 siswa masuk dalam
kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberikan perlakuan (konseling
kelompok teknik cognitive behavioral therapy) dan 10 siswa masuk dalam
kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberikan perlakuan. Pengambilan
sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data
menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis
parametrik One Way Anova.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji Anova konseling kelompok
teknik cognitive behavioral therapy berpengaruh terhadap penurunan
prokrastinasi akademik. Hal ini dibuktikan dengan hasil signifikasi p=0,001 yang
lebih kecil dariα=0,05 yang merupakan standar ukur pemeriksaan. Maka dapat
disimpulkan taraf signifikasi tersebut ada perbedaan. Selain itu
penurunanprokrastinasi akademik siswa ditandai dengan perbedaan aspek dan
indikator dari prokrastinasi akademik.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd., Kons dan Dra. Indiati, M.Pd., (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok, Cognitive Behavioral Therapy, Prokrastinasi Akademik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 02 May 2019 07:53 |
Last Modified: | 02 May 2019 07:53 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |