Adhani, Istika (2019) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMANDIRI SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR RENDAH (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SDN KALEGEN 1. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0025 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (774kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0025 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0025 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0025 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0025 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan
kelompok untuk meningkatkan pemahaman diri siswa dengan motivasi belajar
rendah kelas IV SDN Kalegen 1 Bandongan Tahun Ajaran 2018/2019.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian pra
eksperimen, dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian
ini adalah 8 siswa, dengan melakukan 8 kali bimbingan kelompok. Tehnik
pengambilan yang digunakan purposive sampling. Ada dua variabel yang
digunakan dalam penelitian yaitu : variabel bebas berupa bimbingan kelompok ,
serta variabel terikat berupa pemahaman pemahaman diri. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah angket.
Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok
efektif untuk meningkatkan pemahaman diri siswa dengan motivasi belajar
rendah. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara
pemahaman motivasi belajar sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan
perlakuan. Teknik analisis data menggunakan program SPSS For Windows Versi
16.00 yaitu dengan analisis Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil peningkatan ratarata
skor setelah diberikan perlakuan yakni mean naik dari pretest 59,9 menjadi
97,6 pada mean posttest dengan selisih 37,7 dan nilai signifikasi 0,012 < 0,05
dengan demikian menyatakan bahwa hipotesis diterima.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd, dan Dewi Lianasari, M.Pd. Kons, (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar, Pemahaman diri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 02 May 2019 07:33
Last Modified: 03 Feb 2025 03:30
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/146

Actions (login required)

View Item View Item