Rahayu, Dwi (2019) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG PERILAKU BULLYING. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0301.0017 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (813kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0301.0017 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0301.0017 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0301.0017 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0301.0017 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (367kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bimbingan kelompok
dengan teknik modeling untuk meningkatkan pemahaman perilaku Bullying
siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XII IPS 2 MA Negeri 1 Kota
Magelang T.A 2018/2019
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu eksperimen
murni (true eksperimental), desain penelitian yang digunakan adalah pretest
posttest control group design dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil
sebanyak 8 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan teknik
modeling dan 8 siswa yang tidak diberi perlakuan teknik modeling. Pengambilan
sampel menggunakan teknik purposive sampling.Pengumpulan data
menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistic non
parametric yaitu uji Mann Whitney dengan bantuan program SPSS for windows
versi 22.00.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik
modeling berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman Bullying siswa. Hal ini
dibuktikan dari hasil analisis Mann Whitney pada kelompok eksperimen dengan
probabilitas nilai sig 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan,
terdapat perbedaan skor rata-rata angket pemahaman perilaku Bullying antara
kelompok eksperimen sebesar 41,125 dan kelompok kontrol sebesar 4 . Hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik
modeling berpengaruh untuk meningkatkan pemahaman perilaku Bullying siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Purwati, MS.,Kons. dan Sugiyadi, M.Pd (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling, Pemahaman Perilaku Bullying. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 09:27 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 02:19 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |