Putri, Maharani Valista (2019) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0011 _ BAB I _BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (716kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0011 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0011 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0011 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0011 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok
dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian
dilakukan pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 9 Kota Magelang T.A 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra eksperimen dengan
model pretest-posttest one group design. Subyek penelitian dipilih secara
purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 10 siswa untuk dijadikan
kelompok eksperimen yang akan mendapatkan perlakuan dengan layanan
bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Metode pengumpulan data
dilakukan dengan bantuan spss (statistical package for the social science) versi
16. 0 for windows. Teknik analisis data menggunakan analisis parametrik Uji
Paired Sample T Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik
sosiodrama efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa. Hal ini dibuktikan
dengan adanya peningkatan kepercayaan diri siswa antara sebelum dan setelah
diberikan tindakan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Peningkatan skor
tertinggi adalah 46 atau sekitar 56,79% dan skor terendah sebesar 10 atau sekitar
9,80% , rata-rata peningkatan skor sebesar 27,4 atau sekitar 31,84% , Selain itu
peningkatan kepercayaan diri siswa ditandai dengan siswa yang tadinya kurang
percaya diri sekarang menjadi lebih percaya diri dan berani mengemukakan
pendapatnya di depan umum dan dapat menyesuaikan diri dengan teman.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Purwati, M.S.Kons, dan Hijrah Eko Putro, M.Pd, (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Percaya Diri, Sosiodrama .
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 30 Apr 2019 09:23
Last Modified: 27 Feb 2025 01:43
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item View Item