Amalia, Putri (2019) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN DAMPAK NEGATIF PERILAKU MEROKOK. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0301.0008 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (750kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0301.0008 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0301.0008 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0301.0008 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0301.0008 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (322kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bimbingan kelompok
dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatan pemahaman dampak negatif
perilaku merokok. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPS 4 MA Negeri
1 Kota Magelang T.A 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu
eksperimen murni (true eksperimental), desain penelitian yang digunakan adalah
pretest posttest control group design pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil
sebanyak 8 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan teknik
sosiodrama dan 8 siswa yang tidak diberi perlakuan teknik sosiodrama.
Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling.
Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data
menggunakan statistic non parametric yaitu uji Mann Whitney yang terlebih
dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan
bantuan program SPSS for windows versi 22.00.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan
teknik sosiodrama berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman dampak negatif
perilaku merokok siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Mann Whitney
pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig 0,024 < 0,05.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata
angket perilaku merokok antara kelompok eksperimen 51,125 dan kelompok
kontrol sebesar 37,37. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan
kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan pemahaman dampak
negatif perilaku merokok siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Purwati, MS.,Kons. dan Dra. Indiati, M.Pd. (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Dampak Negatif Perilaku Merokok. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 09:20 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 06:48 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |