Riyani, Sofi (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN JARIMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Mudal Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0212_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (802kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0212_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0212_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0212_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0212_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (553kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada
materi perkalian dengan menggunakan teknik jarimatika. Penelitian ini dilakukan
pada peserta didik kelas III SD Negeri 2 Mudal pada semester ganjil tahun
pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model
siklus yang dilakukan secara berkelanjutan. Subyek penelitian ini siswa kelas III
yang berjumlah 25 siswa dan objeknya adalah pembelajaran matematika . Metode
pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, tes tertulis, lembar observasi
untuk menilai psikomotor, LKS dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari
pembelajaran perkalian dari penilaian kognitif maupun penilaian psikomotor
pada fase pra tindakan sampai siklus 2 dimana pada siklus tahap pra tindakan
mendapatkan nilai rata-rata 69,28, tindakan siklus 1 mendapatkan nilai rata-rata
74,4 kemudian pada siklus 2 mendapatkan nilai rata-rata 82,5. Adapun hasil nilai
psikomotor dari siklus I dan siklus 2 yaitu siklus 1 mendapatkan nilai rata-rata
79,67 dan siklus 2 mendapatkan nilai rata-rata 87,33. Dengan demikian
pembelajaran kontekstual dengan media jarimatika dan PAJAKA dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Purwati,MS.Kons (0002086001) dan Ari Suryawan,M.Pd (0618128801) |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Perkalian, Teknik Jarimatika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 04:03 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 04:03 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1385 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |