Riyantini, Endang (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES IPA (Pada Siswa Kelas III SDN Kalinongko Kabupaten Purworejo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0204_BAB I_BAB II_ BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0204_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0204_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0204_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0204_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses
IPA melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 31 terdiri dari 17 laki-laki dan 14
perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah observasi pembelajaran dan observasi keterampilan proses. Instrument
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi pembelajaran dan
observasi praktikum yang telah divalidasi melalui expert judgement. Data
dianalisis melalui metode deskriptif kualitatif dengan melihat peningkatan tiap
siklus.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan keterampilan proses IPA siswa
adanya perbaikan pembelajaran. Peningkatan keterampilan tersebut dari pra
siklus yaitu 6,4 (kategori kurang), meningkat siklus I menjadi 8,3 (kategori
cukup), dan terjadi peningkatan kembali pada siklus II menjadi 9,9 (kategori
baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II berbantuan media konkret dapat
meningkatkan keterampilan proses IPA pada siswa kelas III SDN Kalinongko
Kabupaten Purworejo.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.,Kons, (0002086001) dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd, (0605078801)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Keterampilan Proses, Media Konkret
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:02
Last Modified: 20 Jan 2020 04:02
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item