Khasanah, Uswatun (2019) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA DI KELAS V (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Mertoyudan). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0189_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0189_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0189_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0189_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0189_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar
dengan prestasi belajar IPA, mengetahui hubungan antara minat belajar dengan
prestasi belajar IPA, dan mengetahui ada tidaknya hubungan motivasi belajar dan
minat belajar dengan prestasi belajar IPA di kelas V sekolah dasar di Kecamatan
Mertoyudan Kabupaten Magelang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan tiga
variabel yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Motivasi
belajar sebagai variabel bebas pertama, minat belajar sebagai variabel bebas
kedua, dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Jumlah populasi seluruh siswa
kelas V SD di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang sebanyak 933 siswa
dan sampel penelitian berjumlah 3 sekolah yaitu SD Negeri Pasuruhan 1dengan
jumlah 27 siswa, SD Negeri Pasuruhan 2 dengan jumlah 37 siswadan SD Negeri
Deyangan 1 dengan jumlah siswa 20 siswa jumlah seluruhnya ada 84 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumenter.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat hubungan antara
motivasi belajar dengan prestasibelajar IPA, dengan nilai r sebesar 0,523 dan
presentase hubungan sebesar 27,4%. 2) Terdapat hubungan antara minat belajar
dengan prestasi belajar IPA, dengan nilai r sebesar 0,558 dan presentase hubungan
sebesar 31,1%. dan 3) Terdapat hubungan antara motivasi belajar dan minat
belajar dengan prestasi belajar IPA, dengan nilai r sebesar 0,594 dan presentase
hubungan sebesar 35,2%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dan minat belajar dengan
prestasi belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Di Kecamatan Mertoyudan
Kabupaten Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si (0611098203) dan Ari Suryawan, M.Pd. (0618128801)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Minat belajar, Prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:59
Last Modified: 14 Feb 2025 04:01
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1382

Actions (login required)

View Item View Item