Nugroho, Adi (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACIEVEMENT DEVISIONS BERBASIS MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA (Penelitian Pada Siswa Kelas III B SD Negeri Payaman I Secang Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0168_BAB I_BAB_ II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (902kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0168_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0168_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0168_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0168_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (594kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini berupa keterampilan proses IPA siswa
kelas III SD Negeri Payaman 1 yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Student Team Achievement Devision
berbasis media Scrapbook terhadap keterampilan proses IPA siswa kelas III SD
Negeri Payaman 1.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan
model penelitian one grup pretest-posttest design. Variabel bebas dalam
penelitian ini yaitu model pembelajaran Student Team Achievement Devision
berbasis media Scrapbook dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah
keterampilan prose IPA siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar observasi dan soal tes. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas III B SD Negeri Payaman 1 sebanyak 20 siswa yang dijadikan sasaran
sebagai subjek penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji t-tes yaitu One
Sample t-test untuk menguji pengaruh keterampilan proses IPA siswa setelah
dilakukan tratment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05. Nilai
rata-rata sebelum diberikan treatment yaitu sebesar 22,7 dan nilai rata-rata
sesudah diberikan treatment yaitu sebesar 32,7. Berdasarkan hasil penelitian
diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement
Devisions (STAD) berbasis media Scrapbook berpengaruh positif terhadap
keterampilan proses IPA siswa kelas III SD Negeri Payaman 1.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Sugiyadi, M.Pd. Kons (0627057501) dan Rasidi, M.Pd. (0620098801) |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Proses IPA, Model Pembelajaran Student Team Achievement Devisions, Media Scrapbook |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 03:57 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 01:09 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |