Rachmataha, Vina (2019) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA (Penelitian pada siswa kelas 5 SD se-kelurahan Banyuwangi tahun ajaran 2018/2019). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0161_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0161_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (879kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0161_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0161_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0161_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (280kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kesulitan belajar
matematika ditinjau dari kemampuan koneksi matematika di Sekolah Dasar se-
Kelurahan Banyuwangi, Bandongan, Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SD se-kelurahan Banyuwangi.
Sample dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SD se-kelurahan
Banyuwangi yang berjumlah 64 siswa. Teknik sampling dari penelitian sampling
jenuh karena seluruh populasi digunakan dalam penelitian ini. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes diagnostik kemampuan
koneksi matematika, wawancara siswa, dan observasi guru. Prosedur penelitian
diawali dengan tahap persiapan, kemudian pelaksanaan, dan analisis/refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan faktor kesulitan belajar matematika
ditinjau dari kemampuan koneksi matematika siswa SD se-Kelurahan
Banyuwangi, rata-rata nilai dari keseluruhan persentase menunjukkan angka 57,8
% sebagai angka tertinggi, yaitu terletak pada kategori rendah. Persentase kategori
sangat rendah yaitu 20,6 %, kategori sedang 12,8 %, dan kategori tinggi 8,9 %.
Hasil tersebut didukung dengan hasil wawancara siswa dan dokumentasi nilai
yang sejalan dengan hasil tes tersebut. Jadi, kemampuan koneksi matematika di
SD se-Kelurahan Banyuwangi termasuk dalam kategori rendah. 93,6% siswa
kesulitan dalam menemukan hubungan dari representasi konsep dan prosedur
sistematis. 59,3% siswa mengalami kesulitan dalam memahami hubungan antar
topik matematika. 43,8% siswa belum mampu menggunakan matematika dalam
memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. 53,1% siswa kesulitan dalam
memahami representasi konsep yang setara. 42,2% siswa kesulitan dalam
menemukan hubungan antara prosedur satu dengan yang lainnya yang setara.
54,7% siswa kesulitan dalam menggunakan koneksi antara matematika dengan
matematika itu sendiri dan dengan sains lain.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. H. Subiyanto, M.Pd (0007085701) dan Tria Mardiana, M.Pd (0603039002) |
Uncontrolled Keywords: | kesulitan belajar matematika, kemampuan koneksi matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 03:53 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 01:52 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |