Fitri, Kalimatun (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORASI TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MAKE A MATCH (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gelangan 7 Kota Magelang Tahun Ajaran 2018/2019). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0144_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0144_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0144_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0144_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0144_Pernyataan Publikasi.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V
SD Negeri Gelangan 7 Kota Magelang melalui pembelajaran kolaborasi tipe team
games tournament dengan make a match.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gelangan 7 Kota Magelang,
dengan jumlah siswa 12 anak yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 7 siswa
perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
tes dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan soal tes dan lembar
observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Indikator keberhasilan nilai rata-rata hasil tes IPS meningkat dan ketuntasan
belajar siswa dalam satu kelas telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) mata pelajaran IPS yang telah ditetapkan SD Negeri Gelangan 7 Kota
Magelang yaitu 60. Pembelajaran dikatakan tuntas apabila >75% siswa yang
telah memenuhi KKM yang ditentukan (≥60).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kolaborasi
tipe team games tournament dengan make a match dapat meningkatkan hasil
belajar IPS dengan materi masa persiapan proklamasi kemerdekaan dan peristiwa
menjelang proklamasi kemerdekaan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya
peningkatan hasil belajar IPS dari pra tindakan ke siklus I, dari jumlah siswa 12
anak dengan rata-rata nilai IPS adalah 48,75 setelah dilakukan tindakan pada
siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 62,73 kemudian jumlah meningkat lagi
pada siklus II menjadi 73,75.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Psi., (0028036001) dan Septiyati Purwandari, M.Pd., (0601098303)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Pembelajaran Kolaborasi, Team Games Tournamet, Make a Match.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:51
Last Modified: 12 Feb 2025 01:30
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1372

Actions (login required)

View Item View Item