Sandita, Intan (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VIZUALISATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR SENI TARI PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sidorejo, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0137_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0137_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0137_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0137_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0137_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (547kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Vizualisation Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar seni tari pada
mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya bagi siswa kelas V Sekolah Dasar
Negeri 2 Sidorejo Kabupaten Temanggung.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model Quasi
Experimental tipe Noneequivalent Control Group Design. Subjek penelitian
dipilih secara Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 36 siswa terdiri
dari 18 siswa kelompok eksperimen dan 18 siswa kelompok kontrol. metode
pengumpulan data menggunakan tes. Sedangkan pengkajian instrumen dalam
rangka menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan uji validitas, uji
reliabilitas, uji taraf kesurakan, dan uji daya beda. Uji validitas yang dipakai
adalah uji validasi ahli dan uji validitas rumus korelasi Product Moment Karl
Pearson, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha (a).
Persyaratan uji analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus
Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan rumus Test of Homogeneity of
Variances. Analisis untuk pengujian hipotesis yang dipakai berupa analisis
statistik Independent Sampel T-Test dengan rumus uji-t. Perhitungan dilakukan
menggunakan program SPSS 23.0 for windows.
Berdasarkan hasil analisis uji-t disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh
yang signifikan pada hasil belajar seni tari siswa pada mata pelajaran Seni Budaya
dan Prakarya kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol”. Hal ini
dibuktikan dari hasil analisis uji t-test data posttest pada kelompok eksperimen
diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,001 artinya 0,001 < 0,05, dan rata-rata hasil
belajar antara kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu
75,66 > 68,77. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Vizualisation Auditory Kinesthetic (VAK) berpengaruh positif
terhadap hasil belajar seni tari.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd. (0028036001) dan Ahmad Syarif, M. Or. (0630038903)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Vizualisation Auditory Kinesthetic (VAK), Hasil Belajar Seni Tari
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:49
Last Modified: 20 Jan 2020 03:49
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1371

Actions (login required)

View Item View Item