Riskina, Evti (2019) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN BUDAYA MUTU SEKOLAH (Studi pada SD Negeri Muntilan Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0123_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version Download (669kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0123_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0123_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0123_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0123_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (166kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi berbasis
sekolah (MBS) dalam upaya meningkatkan budaya mutu sekolah di Sekolah
Negeri Muntilan Kecamatan Muntilan Kabupaten Muntilan.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan
sumber data yaitu informan atau narasumber. Populasi seluruh warga sekolah
SD Negeri Muntilan Kecamatan Muntilan. Sementara, untuk sampel diambil
berdasarkan pertimbangan fungsi dan peran informan. Teknik sampel
menggunakan snowball sampling. Metode pengumpulan data menggunakan
natural setting, sumber data primer, dan teknik pengumpulan data. Pada teknik
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dokumentasi dan
untuk validasi data menggunakan trianggulasi data. Analisis data yang
digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa manajemen berbasis sekolah
mampu meningkatkan budaya mutu sekolah yang dilakukan dengan adanya, 1)
peningkatan kualitas guru yang diselenggarakan dengan adanya unit
penjaminan mutu sekolah dan dilakukan dengan pengadaan audit mutu internal
secara berkala, 2) budaya dan kebiasaan yang dirumuskan dan dibuatkan
menjadi suatu iklim di sekolah, dan 3) meningkatkan peran serta masyarakat
untuk kinerja sekolah. Adapun faktor pendukungnya, 1) kesadaran orang tua
siswa terhadap pendidikan, 2) dukungan dari seluruh warga sekolah dan
masyarakat dengan adanya paguyuban sekolah dan sudash tersetruktur dengan
memiliki organisasi dan keanggotaannya, 3) peran aktif dari pihak komite
sekolah sukses mendorong peningkatan budaya mutu sekolah. Sedangkan
faktor penghambatnya,1) waktu luang yang dimiliki oleh setiap masing –
masing orang tua siswa berbeda, 2) pola asuh yang berbeda antara sekolah
dengan orang tua siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatno, M.Pd. (0012045601) dan Rasidi, M.Pd. (0620098801) |
Uncontrolled Keywords: | manajemen berbasis sekolah, budaya mutu sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 03:48 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 07:27 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1370 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |