Fitriyana, Titi Nur (2019) HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN SOSIAL DAN PERAN ORANGTUA DENGAN SCHOOL READINESS. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0304.0033 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0304.0033 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0304.0033 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0304.0033 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0304.0033 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hubungan antara kematangan sosial dengan school readiness. 2) mengetahui hubungan antara peran orangtua dengan school readiness. 3) mengetahui hubungan antara kematangan sosial dan peran orangtua dengan school readiness. Penelitian dilakukan pada siswa kelompok B di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 170 yang terdiri dari 85 orangtua siswa dan 85 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket/kuesioner, dan tes school readiness. Uji validasi instrumen angket kematangan sosial dan angket peran orangtua menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan SPSS versi 23 for Windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi statistik parametrik dengan bantuan SPSS versi 23 for Windows.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa : 1) terdapat hubungan antara kematangan sosial dengan school readiness, nilai rhitung sebesar 0,899 dan persentase hubungan sebesar 80,8%. 2) terdapat hubungan antara peran orangtua dengan school readiness, nilai rhitung sebesar 0,821 dan persentase hubungan sebesar 67,4%. 3) terdapat hubungan antara kematangan sosial dan peran orangtua dengan school readiness, nilai rhitung sebesar 0,900 dan persentase hubungan sebesar 81%. Dengan demikian, kematangan sosial dan peran orangtua secara bersama-sama memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap school readiness.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M. Si, P.Si., dan Hermahayu, M.Si.,(Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Kematangan Sosial, Peran Orangtua, School Readiness
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 30 Apr 2019 09:11
Last Modified: 12 Feb 2025 01:51
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

View Item View Item