Safitri, Aliyah Hana (2019) PENGARUH METODE “MIND MAPPING DENGAN MEDIA POP-UP” TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI IPA DAUR HIDUP HEWAN (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD IT At-Taqwa Grabag Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0117_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (728kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0117_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0117_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0117_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0117_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (372kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Mind
Mapping dengan media Pop-Up terhadap peningkatan pemahaman materi IPA
pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) At-Taqwa Kecamatan
Grabag Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian murni (True Eksperimental
Design) dengan model Pretest-Posttest Control Grup Design. Populasi yang
digunakan adalah semua siswa SD IT At-Taqwa yang berjumlah 288, Subjek
penelitian dipilih secara Random Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 40
orang siswa yakni terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas
kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes.
Uji validitas instrumen metode tes menggunakan validitas konstruk sedangkan uji
reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS
for Windows versi 24.0. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji
homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji
Independent Sample t-test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 24.0.
Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Mind
Mapping dengan media Pop-Up berpengaruh positif terhadap peningkatan
pemahaman materi. Hal ini dibu ktikan dari hasil analisis Uji Independent Sample
t-test pada kelas eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata pada
pengukuran awal atau pretest hasil pemahaman materi antara kelas eksperimen
sebesar 66,30 dan kelas kontrol sebesar 68,47 dan pengukuran akhir atau posttest
hasil pemahaman materi antara kelas eksperimen sebesar 80,64 dan kelas kontrol
sebesar 70,97. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 pada
kelas kontrol sebesar 0,400 > 0,05 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,000 <
0,05. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Mind
Mapping dengan media Pop-Up berpengaruh positif terhadap pemahaman materi
IPA.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons (0008015701) dan Dhuta Sukmarani, M.Si, (0609088701) |
Uncontrolled Keywords: | Metode Mind Mapping, Media Pop-Up, Pemahaman materi IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 03:42 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 03:42 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1369 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |