Namitawati, Namitawati (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pasuruhan 2). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0108_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (596kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0108_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0108_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0108_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0108_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran aktif
berbasis multiple intelligence untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPS penelitian pada siswa kelas IV SD Negeri Pasuruhan 2.
Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 3 siklus dimana
setiap siklusnya terdiri atas 3 pertemuan. Penelitian pada kelas IV yang berjumlah
38 siswa. Variabel dalam penelitian yaitu siswa yang belum tuntas, hasil belajar
IPS dan model pembelajaran aktif berbasis multiple intelligence. Metode
pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan
adalah deskriptif persentase.
Hasil penelitian dengan menggunakan pembelajaran aktif berbasis multiple
intelligence dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini terbukti dengan adanya
peningkatan mulai dari prasiklus dengan rata-rata nilai 51,32, sedangkan siklus I
rata-rata nilai 70,34 dengan presentase ketuntasan 34%, siklus II rata-rata nilai
72,74 dengan ketuntasan 45%, siklus III rata-rata nilai 82,82 dengan ketuntasan
100%. Menunjukan bahwa pembelajaran aktif berbasis multiple intelligence
mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Pasuruhan 2.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd, (0007085701) dan Rasidi, M.Pd, (0620098801)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Multiple Intelligence
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:41
Last Modified: 20 Feb 2025 06:26
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1368

Actions (login required)

View Item View Item