Syifa’, Muhammad ‘Ainu (2019) ANALISIS FAKTOR KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa yang Mengalami Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas III di MI Al Islam Bedono Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0106_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (828kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0106_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0106_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0106_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0106_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesulitan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran matematika di MI Al-Islam
Bedono Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan model
Deskriptif Kualitatif yaitu penelitian untuk menganalisis dan menggambarkan
sebuah data dengan kalimat yang kemudian disimpulkan, hasil data tersebut
berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian
dikelompokkan lalu dianalisis dan disimpulkan dari analisis yang telah dilakukan.
Subjek penelitian terdiri dari 1 guru, dan 10 siswa kelas 3 MI Al-Islam Bedono
Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang, adapun objek dalam penelitian ini
adalah faktor kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab kesulitan siswa
dalam menyelesaikan soal cerita adalah karena kurangnya kemampuan siswa
dalam membaca, lalu kesulitan memahami soal matematika, kemudian kegiatan
pembelajaran yang masih tekstual, dan kurangnya media pembelajaran yang
mendukung kegiatan belajar mengajar. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil
penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti yang didukung dengan dokumentasi
yang ada. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa faktor yang
menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika adalah
kesulitan siswa dalam membaca dan memahami soal, kemudian pembelajaran
yang masih tekstual lalu yang terakhir adalah media yang kurang memadai.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons (0008015701) dan Ela Minchah L.A. M.Psi.Psi. (0606018701)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan, Soal Cerita Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:38
Last Modified: 20 Jan 2020 03:38
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1367

Actions (login required)

View Item View Item