Darmawati, Ratri (2019) PENGGUNAAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE TRUE OR FALSE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA (Penelitian Pada Siswa Kelas III SD Negeri Tegal Kuning, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0093_BAB I_BAB II_ BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (734kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0093_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0093_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0093_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0093_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi
belajar pada siswa kelas III SD Negeri Tegalkuning melalui penerapan strategi
pembelajaran active learning tipe true or false
Penelitian ini merupakan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan menggunakan 3 siklus. Tahapan pada setiap siklus terdiri dari (1)
perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; (4) refleksi.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan teknik persentase. Target ketercapaian keaktifan dan
prestasi belajar pada siklus 1 adalah 60%, siklus II adalah 70%, dan siklus III
adalah 82%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi true or falsedapat meningkatkan
keaktifan belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil yang diperoleh
pada keaktifan siswa pada siklus I adalah 64%, siklus II adalah 73%, dan siklus III
adalah 84%. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil yang
diperoleh pada prestasi belajar siswa adalah siklus I adalah 63%, siklus II adalah
79%, dan siklus III adalah 84%.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M. Si (0012045601) dan Ahmad Syarif, M. Or (0630038903)
Uncontrolled Keywords: strategi true or false, keaktifan, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:32
Last Modified: 07 Feb 2025 03:08
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1363

Actions (login required)

View Item View Item