Praniadani, Putri Lima (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN MEDIA KOMIK FUN AND EASY MATH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA IV di SD Negeri Gunungpring 2 Muntilan Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0090_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (780kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0090_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0090_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0090_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0090_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran
Realistic Mathematics Education berbantuan media komik fun and easy math
terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri Gunungpring 2 Muntilan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian true eksperimen dengan model pretest
posttest control group design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV Sekolah
Dasar Negeri Gunungpring 2 Muntilan. Teknik sampling dalam penelitian ini
adalah total sampling, terdiri dari 24 siswa kelompok eksperimen dan 24 siswa
kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes. Analisis data
menggunakan statistik parametrik dengan uji t (independent sample t-test)
berbatuan SPSS for windows versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media
komik fun and easy math berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar
matematika. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis uji independent sample ttest
dengan nilai signifikansi 0,018 < 0,05. Berdasarkan analisis dan pembahasan,
terdapat perbedaan kenaikan rata-rata akhir hasil belajar matematika yaitu
kelompok eksperimen sebesar 10,58 dan kelompok kontrol sebesar 3,75. Hasil
dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran
realistic mathematics education berbantuan media komik fun and easy math
berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd. (0028036001) dan Ari Suryawan, M.Pd (0618128801)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Matematika Realistik, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:31
Last Modified: 25 Feb 2025 07:01
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1362

Actions (login required)

View Item View Item