Praniadani, Putri Lima (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN MEDIA KOMIK FUN AND EASY MATH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA IV di SD Negeri Gunungpring 2 Muntilan Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0090_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (780kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0090_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0090_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0090_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0090_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (271kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran
Realistic Mathematics Education berbantuan media komik fun and easy math
terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri Gunungpring 2 Muntilan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian true eksperimen dengan model pretest
posttest control group design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV Sekolah
Dasar Negeri Gunungpring 2 Muntilan. Teknik sampling dalam penelitian ini
adalah total sampling, terdiri dari 24 siswa kelompok eksperimen dan 24 siswa
kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes. Analisis data
menggunakan statistik parametrik dengan uji t (independent sample t-test)
berbatuan SPSS for windows versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media
komik fun and easy math berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar
matematika. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis uji independent sample ttest
dengan nilai signifikansi 0,018 < 0,05. Berdasarkan analisis dan pembahasan,
terdapat perbedaan kenaikan rata-rata akhir hasil belajar matematika yaitu
kelompok eksperimen sebesar 10,58 dan kelompok kontrol sebesar 3,75. Hasil
dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran
realistic mathematics education berbantuan media komik fun and easy math
berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd. (0028036001) dan Ari Suryawan, M.Pd (0618128801) |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Matematika Realistik, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 03:31 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 07:01 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1362 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |