Fajriyani, Itta Nur (2019) PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SETS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD N Deyangan 2 dan SD N Pasuruhan 4 Kec. Mertoyudan Kab. Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0081_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (864kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0081_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0081_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0081_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0081_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lembar Kerja Siswa
berbasis SETS dalam pembelajaran tematik terhadap keterampilan berpikir kritis
siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental)
dengan model nonequivalent control group design. Sampel yang diambil
sebanyak 44 siswa yang terdiri dari 22 siswa di kelas eksperimen dan 22 siswa di
kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan
tes. Uji validitas instrumen tes menggunakan teknik korelasi Product Moment
melalui program Microsoft Excel. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas
dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik One Way Anova
melalui program IBM SPSS 25.00 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Siswa
berbasis SETS dalam pembelajaran tematik berpengaruh positif terhadap
keterampilan berpikir kritis. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis observasi
menggunakan uji One Way Anova pada kelas eksperimen dengan probabilitas
nilai signifikansi 0,001 < 0,05, nilai Fhitung(60,012) > Ftabel(3,11). Dan hasil
analisis tes menggunakan uji One Way Anova pada kelas eksperimen dengan
probabilitas nilai signifikansi 0,001 < 0,05, nilai Fhitung(20,488) > Ftabel(3,11).
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan yang signifikan
nilai rata-rata observasi keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen
sebesar 27,50 dan kelas kontrol sebesar 20,09. Terdapat pula perbedaan pada ratarata
nilai tes keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen sebesar
83,07 dan kelas kontrol sebesar 74,42. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa penggunaan Lembar Kerja Siswa berbasis SETS dalam pembelajaran
tematik berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatno, M.Si (0012045601) dan Galih Istiningsih, M.Pd (0619018901)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa Berbasis SETS, Pembelajaran Tematik, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:28
Last Modified: 11 Feb 2025 06:43
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1361

Actions (login required)

View Item View Item