Mithasani, Ika Rismania (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE BERBANTU MEDIA KARULTA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Penelitian Pada Peserta didik Kelas IV SDN Kalinegoro 3 Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0072_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (936kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0072_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0072_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0072_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0072_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Think
Pair and Share berbantu media Karulta terhadap hasil belajar mata pelajaran Ilmu
Pengetahun Sosial kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kalinegoro 3.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasy
eksperimental design) dengan desain penelitiannon equivalent control group
design. Sampel yang diambil sebanyak 59 peserta didik, 29 peserta didik kelas
IVB yang merupakan kelas eksperimen yaitu kelas yang diberikan perlakuan
(treatment) dengan menerapkan model pembelajaran TPS, dan 30 peserta didik
kelas IVA yang merupakan kelas kontrol yaitu kelas yang tidak mendapatkan
perlakuan(treatment). Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
total sampling (sampel keseluruhan). Teknik pengumpulan data menggunakan
metode tes hasil belajar IPS. Teknik analisis data yang digunakan dengan bantuan
SPSS versi 23 for windows menggunakan Kolmogrov Smirnov dan levene, untuk
menguji hipotesis menggunakan Independen sampel test
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan skor rata-rata posttest
kelompok eksperimen sebesar 77,72 lebih tinggi daripada skor rata-rata kelas
kontrol sebesar 65,13. Hasil pretest dan posttest dinyatakan normal dengan
probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, uji Hipotesis menggunakan
Independen sampel test, yang menyatakan Ho ditolak. Sehingga hasil dari
penelitian posttest kelompok eksperimen dan kelas kontrol dapat disimpulkan
bahwa ”ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share
berbantu media Karulta terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS”.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si (0611098203) dan Ela Minchah L.A, M.Psi.Psi (0606018701)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran think pair and share (TPS), hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:25
Last Modified: 19 Feb 2025 01:23
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1359

Actions (login required)

View Item View Item