Burhan, Elsaheni Dwiputri (2019) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTU VIDEO SIMBIO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Beseran Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0064_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (922kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0064_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0064_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0064_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0064_LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Quantum
Teaching berbantu video Simbio terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV
Sekolah Dasar Negeri Beseran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan
model One Group Pretest Posttest. Variabel bebas penelitian yaitu model
Quantum Teaching berbantu video Simbio (X) dan variabel terikat yaitu hasil
belajar IPA (Y). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Beseran yang
berjumlah 24 siswa. Tehnik sampling menggunakan sampling jenuh. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes. Uji validitas
instrument soal tes dengan menggunakan rumus product moment pearson
sedangkan uji realibilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha dengan bantuan
program IBM SPSS versi 23.0 for Windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji
normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan tehnik statistik non
parametrik yaitu uji Wilcoxon dengan bantuan program IBM SPSS versi 23.0 for
Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching
berbantu video Simbio berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Wilcoxon dengan
probabilitas nilai sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 dengan rata-rata hasil pretest 67,5
dan rata-rata hasil posttest 82,1. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan
terdapat peningkatan 14,6 dari rata-rata hasil pretest dan posttest. Hasil dari
penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Quantum Teaching
berbantu video Simbio berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar
IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons (0012096606) dan Ari Suryawan, M.Pd. (0618128801)
Uncontrolled Keywords: Model Quantum Teaching berbantu video Simbio, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:20
Last Modified: 07 Feb 2025 02:06
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item View Item