Listiyani, Irna (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MEDIA DABOKEL TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BILANGAN (Penelitian pada Siswa Kelas I SD Negeri 3 Ropoh Kepil Wonosobo Tahun Ajaran 2018 / 2019). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0053_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (747kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0053_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (480kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0053_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0053_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0053_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (302kB) | Preview |
Abstract
Aktif dengan media Dabokel siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 3 Ropoh Kepil
Kabupaten Wonosobo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model Quasi
Experimental tipe Nonequivalent control group design. Subjek penelitian dipilih
secara Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 42 siswa terdiri dari 21
siswa kelompok eksperimen dan 21 siswa kelompok kontrol. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji validitas instrumen tes
menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan komputer program
SPSS versi 23.0 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan
uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik Independent T- Test
dengan bantuan komputer program SPSS versi 23.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran aktif dengan media
Dabokel berpengaruh positif terhadap kemampuan operasi hitung bilangan pada
mata pelajaran Matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji T- Tes pada
kelompok eksperimen dengan nilai 0.001< 0.05. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes hasil belajar antara kelompok
eksperimen sebesar 100 dan kelompok kontrol sebesar 80. Hasil dari penelitian
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aktif dengan media Dabokel berpengaruh
positif terhadap kemampuan operasi hitung bilangan Matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons, (0012096606) dan Tria Mardiana, M. Pd (0603039002) |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Aktif, Media Dabokel, Kemampuan Operasi Hitung Bilangan, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 03:09 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 07:21 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |