Musyarofah, Hanik (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL DENGAN MEDIA MYSTERY CANDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas II SD Negeri Sukodadi 2, Bandongan). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0052_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (942kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0052_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0052_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0052_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0052_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode pembelajaran
drill dengan media mystery candy terhadap peningkatan kemampuan berhitung
matematika siswa kelas II SD Negeri Sukodadi 2, Bandongan tahun ajaran
2019/2010.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model Quasi
Experimental tipe Nonequivalent control group design. Subjek penelitian dipilih
secara Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 40 siswa terdiri dari 20
siswa kelompok eksperimen dan 20 siswa kelompok kontrol. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes. Uji validitas
instrumen tes menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan
komputer program IBM SPSS versi 25.0 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri
dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik
statistik Independent t-test dengan bantuan komputer program IBM SPSS versi
25.0 for windows.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada kelas eksperimen
menunjukkan bahwa kemampuan berhitung matematika mengalami peningkatan
yang signifikan dari rata-rata 53,65 menjadi 84,65 setelah diberikannya perlakuan.
Sedangkan pada kelas kontrol peningkatannya hanya sedikit yaitu dari rata-rata
54,55 menjadi 65,0. Hal ini dibuktikan juga oleh hasil analisis uji Independent Ttes
pada pos-ttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai
0.001<0.05. Sehingga, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan yang
signifikan antara post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal
tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran drill dengan media
mystery candy berpengaruh positif terhadap kemampuan berhitung matematika
siswa kelas II materi penjumlahan dan pengurangan.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons (0012096606) dan Dhuta Sukmarani,M.Si (0609088701)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Media Mystery Candy, Kemampuan berhitung
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:04
Last Modified: 19 Feb 2025 07:50
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1353

Actions (login required)

View Item View Item