Wariyati, Wariyati (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Kemirirejo 3 Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0011_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (815kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0011_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0011_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0011_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0011_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan
Media Audio Visual siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kemirirejo 3 Kota
Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classrom action
research) kolaboratif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri
Kemirirejo 3 Kota Magelang berjumlah 30 siswa.Penelitian ini dilaksanakan
dengan menggunakan dua siklus yang terdiri dari empat pertemuan setiap
siklusnya.Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.Sedangkan
tehnik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran think
pair share berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS
materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan siswa kelas V SD Negeri
Kemirirejo 3 Kota Magelang. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan
adanya hasil pra tindakan rata-rata 48,3 dengan ketuntasan klasikal 16,6 % . Hasil
Siklus I rata-rata 69,4 dengan ketuntasan klasikal 53,3 %. Hasil Siklus II rata-rata
76,7 dengan ketuntasan klasikal 90%

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si (0611098203) dan Septiyati Purwandari, M.Pd, (0601098303)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Think Pair Share dengan media audio visual, hasil belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:08
Last Modified: 20 Jan 2020 02:08
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1350

Actions (login required)

View Item View Item