Yuliana, Ika (2019) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK USIA DINI. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0304.0030 _ BAB I - BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0304.0030 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0304.0030 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0304.0030 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0304.0030 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap kemampuan komunikasi anak kelompok B RA Muslimat NU Banjarharjo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.
Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan eksperimen dengan jenis One Group Pretest-Postest Design dengan melakukan pengukuran awal dan pengukuran akhir. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B RA Muslimat NU Banjarharjo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 15 anak, teknik sampling menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen dengan 7 item indikator. Teknik analisis data yang digunakan adalah nonparametrik dengan uji wilcoxon rank test menggunakan bantuan SPSS for windows versi 23.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi anak usia dini. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji wilcoxon rank test diperoleh nilai t sebesar -3,416 dengan tingkat signifikasi (a) 0,05 sedangkan statistik tabel 0. Hasil perhitungan SPSS terlampir. Berdasarkan hasil pengukuran awal dan pengukuran akhir diketahui bahwa kemampuan komunikasi pada anak lebih tinggi setelah diberikan perlakuan kegiatan permainan tradisional. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan permainan tradisional berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi pada anak. Hal ini berarti hipotesis penelitian yang berbunyi “Permainan Tradisional Berpengaruh terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini”, terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si. Psi dan Febru Puji Astuti, M.Pd., (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional, Kemampuan Komunikasi Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 30 Apr 2019 09:04
Last Modified: 14 Feb 2025 03:43
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View Item View Item