Fajriyah, Lailatul (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA PUNTADEA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI CUACA DAN PENGARUHNYA BAGI MANUSIA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD N Kalinegoro 3). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0098_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0098_BAB IV .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0098_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0098_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0098_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran TGT Berbantu Media Puntadea Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Cuaca dan Pengaruhnya Bagi Manusia pada Siswa Kelas III SD N Kalinegoro 3.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design (Nonequivalent Kontrol Group Design) yang terdiri dari dua variable diantaranya yaitu variable bebas (Independen) yang terdiri dari Pembelajaran TGT Berbantu Media Puntadea dan variable terikat (dependent) yang terdiri dari Hasil Belajar IPA Materi Cuaca dan Pengaruhnya Bagi Manusia siswa SD kelas III SD N Kalinegoro 3. Populasi penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa kelas III SD N Kalinegoro 3 yang berjumlah 46 siswa dengan jumlah 23 siswa mengikuti kelas Eksperimen dikurangi 23 siswa lainnya mengikuti kelas Kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data yang terdiri dari Pretest dan Posttest yang dikerjakan oleh siswa sebelum pemberian dan sesudah Treatment diberikan. Teknik analisis data menggunakan t-test yang sebelumnya telah diketahui homogenitas dan normalitasnya.
Hasil penelitian dengan menggunakan pembelajaran TGT berbantu media Puntadea pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata Pretest sebesar 65,17 dan nilai Posttest dengan rata-rata sebesar 84,40. Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata Pretest sebesar 63,09 dan nilai rata-rata Posttest sebesar 69,30. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,005 yang dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Artinya ada perbedaan Antara model pembelajaran TGT berbantu media Puntadea terhadap hasil belajar IPA materi Cuaca dan Pengaruhnya bagi Manusia pada siswa kelas III SD N Kalinegoro 3 Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si,.Psi (0614107401) dan Dhuta Sukmarani, M.Si, (0609088701)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Teams Games Tournament berbantu Media Puntadea
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:46
Last Modified: 11 Feb 2025 06:39
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1338

Actions (login required)

View Item View Item