Rahmawati, Heni (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA JAWA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KREATIVITAS SISWA (Penelitian pada siswa kelas IV SD Negeri Pasuruhan 1 Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0100_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0100_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0100_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0100_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0100_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (277kB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Bahasa
Jawa berbasis scientific approach terhadap peningkatan pemahaman dan kreativitas
siswa kelas IV SD Negeri Pasuruhan 1 Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi
Experimental Research) dengan model Nonequivalent Control Group Design.
Subjek penelitian dipilih dengan teknik sampling jenuh karena semua populasi
dijadikan sampel. Sampel yang diambil sebanyak 43 siswa terdiri dari 22 siswa
kelompok eksperimen dan 22 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Uji validitas instrumen tes
menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan
cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for windows versi 23.00. Uji
prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data
menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Independent Sample T-Test
dengan bantuan program SPSS for windows versi 23.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor rata-rata
hasil tes dan observasi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yaitu
sebesar 75,23 dan 56,67 untuk hasil tes serta 77,7 dan 63,7 untuk hasil observasi.
Hasil uji Independent Sample T-Test untuk data tes diperoleh nilai thitung > ttabel
(4,912 > 2,020) dan nilai signifikansinya < 0,05 (p = 0,000 < 0,05). Data observasi
memperoleh nilai thitung > ttabel (6,053 > 2,020) dan nilai signifikansinya < 0,05 (p =
0,000 < 0,05). Kesimpulannya adalah pembelajaran Bahasa Jawa berbasis scientific
approach efektif terhadap peningkatan pemahaman dan kreativitas siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Subiyanto, M.Pd (0007085701) dan Galih Istiningsih, M.Pd. (0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran Bahasa Jawa, scientific approach, tingkat pemahaman, kreativitas siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 03:44 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 03:06 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1337 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |