Falaq, Farid Yuniar Khusnul (2019) PENGARUH METODE INQUIRY BEBAS BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Payaman1, Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0115_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (807kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0115_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0115_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0115_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0115_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview

Abstract

Menulis puisi merupakan salah satu pembelajaran yang dianggap sulit bagi siswa,
sehingga siswa cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut
mengakibatkan keterampilan menulis puisi rendah, oleh karena itu penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inquiry bebas berbantuan media
gambar terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas III SD Negeri
Payaman 1 Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian eksperimen dengan desain one grup pretest-posttest.
Pembelajaran metode inquiry bebas berbantuan media gambar terhadap
keterampilan menulis puisi pada siswa kelas III SD Negeri Payaman 1 berjumlah
22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Teknik
pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengambilan data melalui
soal tes kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan IBM
SPSS versi 24.
Hal ini dibuktikan dengan hasil analisismeningkatnya rata-rata keterampilan
menulis siswa yang pada saat pretestsebesar 65% setelah diberikan perlakuan
hasil postest meningkat menjadi 72% setelah diberi perlakuan. Analisis hasil Uji
Wilcoxon dengan probabilitas sig (2-tailed) adalah 0,000<0,05. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pembelajaran metode inquiry bebas berbantuan media
gambar berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Purwati M.S.,Kons. (0002086001) dan Arif Wiyat Purnanto,M.Pd (0624118801)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Puisi, Metode Inquiry bebas, Media Gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:43
Last Modified: 11 Feb 2025 06:49
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1336

Actions (login required)

View Item View Item