Mawar, Maya Guita (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE DENGAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP (Penelitian pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Payaman 1, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0155_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (761kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0155_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0155_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0155_FULLTEXT-.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0155_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis
Multiple Intelligences dengan Multimedia terhadap hasil belajar Tema Peduli
terhadap Makhluk Hidup siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Payaman 1,
Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi
Experiment) dengan model The Non-Equivalent Group Design. Subjek penelitian
dipilih secara non random. Sampel yang diambil sebanyak 52 orang siswa terdiri dari
26 siswa kelompok eksperimen, dan 26 siswa kelompok kontrol. Metode
pengumpulan data mengunakan tes dan observasi. Uji validitas soal sejumlah 60 item
kemudian diperoleh 50 item soal valid, sedangkan uji reliabilitas diperoleh koefisien
alpha sebesar 0,864. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, homogenitas,
dan uji kesukaran soal. Analisis data menggunakan statistik parametrik yaitu uji
Independen Simple T-Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00.
Berdasarkan hasil analisis pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata
posstest antara kelompok eksperimen sebesar 89 dan kelompok kontrol sebesar
81,38. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil analisis Uji Independen Simple T-Test
pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai thitung 3,477 > ttabel 1,71088.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis
Multiple Intelligences dengan Multimedia berpengaruh positif terhadap hasil belajar
Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup siswa kelas IV SD Negeri Payaman 1.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. H. Subiyanto, M.Pd (0007085701) dan Rasidi, M.Pd (0620098801)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dengan Multimedia, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:42
Last Modified: 18 Feb 2025 06:08
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1334

Actions (login required)

View Item View Item