Haryati, Siti (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Candimulyo 2 Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0167_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0167_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0167_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0167_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0167_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V Sekolah
Dasar Negeri Candimulyo 2 Kabupaten Magelang.
Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen design tipe one group
pretest-posttest design (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Subyek dalam
penelitian ini adalah sampel jenuh atau sampel total yaitu dengan melibatkan
seluruh siswa kelas V SD Negeri Candimulyo 2 yang berjumlah 39 siswa. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian unjuk kerja.
Uji validitas instrumen penilaian unjuk kerja, dilakukan dengan menggunakan
validasi ahli (expert judgement. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas
dan uji hipotesis. Analisis data yang digunakan menggunakan teknik statistik
parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test dengan berbantuan program IBM
SPSS Statistics 25.
Hasil analisis data dengan uji Paired Sample T-Test memperoleh nilai sig (2-
tailed) 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata
pretest adalah 51,88, sedangakan nilai posttest adalah 84,01. Dari hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time
token berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd (0028036001) dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd (0624118801)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe time token, keterampilan berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:38
Last Modified: 18 Jan 2020 03:38
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1332

Actions (login required)

View Item View Item