Handayani, Tuti (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN (SQ3R) SURVEY QUESTION READ REICTE RIVIEW BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI CERITA (Penelitian pada siswa kelas IV SD N Pasuruhan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0184_BAB I_ BAB II_Bab III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (420kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0184_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0184_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0184_FULLTEKT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0184_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (67kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode
SQ3R berbantuan media puzzle terhadap kemapuan memahami isi cerita siswa
kelas IV SD Negeri Pasuruhan 1.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi
Experimental Research), sedangkan desain penelitiannya menggunakan
Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan Sampling Total. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 36 siswa yaitu kelas IV A 18 kelompok kontrol dan kelas IV B 18
kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan tes pilihan ganda. Uji validitas instrumen kemampuan memahami
isi cerita dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas
menggunakan rumus cronchbach alpha dengan bantuan program IBM SPSS 20.
Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data
menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Independen sampel t-test
dengan bantuan program IBM SPSS 20.
Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran SQ3R
berbantuan media puzzle berpengaruh positif terhadap kemampuan memahmi isi
cerita. Hal ini dibuktikan dari hasil uji Independen sampel t-test Pada kelompok
eksperimen dengan probilitas nilai sig (2tailed) 0,000<0,05 yang diperkuat
dengan melakukan perbandingan perolehan thit>ttab. Hasil analisis diperoleh
thit5,795>ttab2,441. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh nilai ratarata
kelompok eksperimen sebesar 83,06 dan kelompok kontrol sebesar 68,44.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode SQ3R
berbantuan media puzzle memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan
memahami isi cerita siswa kelas IV SD Negeri Pasuruhan 1.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati M.Pd (0028036001) dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd (0624118801) |
Uncontrolled Keywords: | metode SQ3R, media puzzle, kemampuan memahami isi cerita |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 03:32 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 03:43 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1329 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |