Pratiwi, Dessi Ria (2019) DESKRIPSI IMPLEMENTASI KARAKTER KEDISIPLINAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Penelitian di SD N 2 Tanggulanom Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0187_BAB I_BAB II_BAB III_ BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (577kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.187_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (812kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.187_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (848kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0187_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0187_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (264kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi karakter
kedisiplinan yang dilakukan oleh guru kepada siswa dalam proses pembelajaran di
SD Negeri 2 Tanggulanom Tahun Ajaran 2019/2020. Fokus penelitian adalah
implementasi karakter kedisiplinan dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian
guru kelas I-VI, siswa, dan Kepala Sekolah SD Negeri 2 Tanggulanom Tahun
Ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik
analisis model interaktif Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan
penarikan kesimpulan) Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data,
teknik, dan waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di Sekolah Dasar Negeri 2
Tanggulanom mengimplementasikan karakter kedisiplinan pada siswa dengan
menggunakan teknik pengintegrasian nilai yang meliputi; kegiatan rutin, kegiatan
spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Guru menerapkan peraturan, hukuman,
konsistensi dan penghargaan sebagai pedoman.Hambatan yang dialami guru
dalam mengimplementasikan karakter kedisiplinan yaitu pelaksanaan
implementasi masih terpaku pada aturan sekolah. Temuan penelitian yang peneliti
dapatkan di SD N 2 Tanggulanom yaitu jarang sekali siswa yang dikuasai oleh
gadget ketika di rumah sehingga dampak pada sikap kedisiplinan siswa sangat
baik.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M.Si., (0007096412) dan Rasidi, M.Pd. (0620098801) |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Karakter Kedisiplinan, Proses Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 03:31 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 01:33 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |