Fitriyah, Fitriyah (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MINDMAP TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA (Penelitian Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Keji 1 Kecamatan Muntilan). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0188_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (701kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0188_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0188_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0188_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0188_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw berbantuan mindmap terhadap keaktifan siswa pada
pembelajaran IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Keji 1 Kecamatan
Muntilan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre experimental dengan desain
One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik
sampling jenuh pada siswa kelas V yang terdiri dari 20 siswa. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket keaktifan siswa. Uji
prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data
menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test dengan
bantuan program SPSS for windows versi 23.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw berbantuan mindmap berpengaruh positif terhadap keaktifan siswa. Hal ini
dibuktikan dari hasil analisis Uji Paired Sample T-Test dengan probabilitas nilai
sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat
perbedaan skor rata-rata angket keaktifan siswa antara sebelum dan setelah
diberikan perlakuan sebesar 42,8

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si (0611098203) dan Tria Mardiana, M.Pd (0603039002)
Uncontrolled Keywords: model kooperatif tipe jigsaw, mindmap, keaktifan siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:30
Last Modified: 12 Feb 2025 01:47
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1327

Actions (login required)

View Item View Item