Oktavia, Herlin (2019) PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA KABAR UNGGUH TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JAWA DI SDN PUCANG (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Pucang Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0195_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (890kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0195_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0195_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0195_FULLTEXT.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0195_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (297kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Pair Share
(TPS) dengan media Kabar Ungguh terhadap hasil belajar Bahasa Jawa. Media
Kabar Ungguh diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Jawa.
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design. Tipe
Nonequivalent Control Group Desain yang menggunakan kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel
terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model Think Pair Share (TPS)
dengan Kabar Ungguh dan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar
Bahasa Jawa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD
Negeri Pucang yang berjumlah 68 siswa. Jumlah sampel yang digunakan 34 siswa
sebagai kelas kontrol dan 34 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar Bahasa Jawa. Teknik analisis
data menggunakan uji-t untuk menguji pengaruh model Think Pair Share (TPS)
dengan media Kabar Ungguh terhadap hasil belajar Bahasa Jawa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perhitungan rata-rata posttest kelas
eksperimen sebesar 79.18 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol sebesar
72.26. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05.
Sedangkan hasil analisis data menunjukan nilai > sebesar 4.498 > 0,
349, artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen
yang menggunakan model Think Pair Share (TPS) dengan media Kabar Ungguh
dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model Think
Pair Share (TPS) dengan media Kabar Ungguh terhadap hasil belajar Bahasa
Jawa di kelas III SDN Pucang
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Hermahayu, M.Sic (0611098203) dan Galih Istiningsih, M.Pd (0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | Media Kabar Ungguh, Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Bahasa Jawa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 03:00 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 03:32 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1326 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |