Mardiana, Nurmalasari (2019) PENGARUH MODEL TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri Donorojo Mertoyudan Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0196_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (723kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0196_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0196_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0196_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0196_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two
Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS kelas V Sekolah Dasar Negeri
Donorojo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan desain
One Group Pretest Posttest. Subjek penelitian dipilih secara teknik sampling
jenuh. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V.Sampel yang digunakan
sebanyak 23 orang siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan tes. Uji validitas instrumen tes menggunakan rumus product
moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan
bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari
uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik analisis
non parametrik yaitu uji wilcoxon dengan bantuan program SPSS for Windows
versi 23.00.
Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Two Stay Two Stray
berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS. Hal ini dibuktikan dari hasil
analisis uji wilcoxon pada kelompok eksperimen dengan nilai sig (2-tailed) 0,000
< 0,05. Berdasarkan analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata
pretest 49,69 dan skor rata-rata posttest 77,73. Hasil dari penelitian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray
berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi (0614107401) dan Tria Mardiana M.Pd (0603039002)
Uncontrolled Keywords: Model Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:48
Last Modified: 18 Feb 2025 02:33
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1325

Actions (login required)

View Item View Item