Mundayanah, Siti (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA “PAKU LINCAH” TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukodadi 2, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0075_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (763kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0075_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0075_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0075_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0075_FULLTEXT.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran
Numbered Head Together berbantuan media Paku Lincah terhadap peningkatan
hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sukodadi 2, Bandongan
Magelang tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model Quasi
Experiment tipe Nonequivalent control group design. Subjek penelitian dipilih
secara Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 32 siswa terdiri dari 16
siswa kelompok eksperimen dan 16 siswa kelompok kontrol. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji validitas instrumen tes
menggunakan tehnik korelasi product moment dengan bantuan komputer program
Shapiro- Wilk SPSS versi 23,0 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji
normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan tehnik statistik
Independent T- Test dengan bantuan komputer program Shapiro- Wilk SPSS versi
23,0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered
Head Together berbantuan dengan media Paku Lincah berpengaruh positif
terhadap peningkatan hasil belajar matematika kelas V materi perkalian dan
pembagian pecahan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat
perbedaan skor rata-rata tes hasil belajar antara kelompok eksperimen sebesar 74
dan kelompok kontrol sebesar 60. Hal ini dibuktikan juga dari hasil analisis uji TTest
pada kelompok eksperimen dengan nilai 0,000 < 0,05. Sehingga, ada
perbedaan yang signifikan antara post-test kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons (0012096606) dan Tria Mardiana M.Pd. (0603039002) |
Uncontrolled Keywords: | Model Numbered Head Together, Media Paku Lincah, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 08:24 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 06:35 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |