Pratiwi, Eni (2019) PENGARUH REALISTIC MATHEMATHIC EDUCATION BERBANTU MEDIA RAHASIA PIRAMIDA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SDN Sawitan Tahun Ajaran 2018/2019). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0119_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (517kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0119_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0119_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0119_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0119_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (605kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Realistic Mathematic
Education berbantu media rahasia piramida terhadap peningkatan hasil belajar
siswa pada mata matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sawitan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design
dengan model Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian dipilih
secara sampel jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 40 siswa yakni terdiri dari 20
siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Metode pengumpulan data
dilakukan dengan metode tes. Uji validitas instrumen metode tes dengan
menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan
rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 24.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Realistic
Mathematic Education berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini
dibuktikan dari hasil analisis Uji Independent sample t test pada kelas eksperimen
dengan probabilitas nilai sig(2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata pada pengukuran akhir atau
posttest hasil belajar antara kelas eksperimen sebesar 80,55 dan kelas kontrol
sebesar 73,70. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 pada
kelas kontrol sebesar 0,052 > 0,05 dan kelas eksperimen sebesar 0,004 < 0,05.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran
Realistic Mathematic Education (RME) berpengaruh positif terhadap hasil belajar
siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons., (0008015701) dan Ari Suryawan, M.Pd., (0618128801) |
Uncontrolled Keywords: | Realistic Mathematic Education, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 02:45 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 01:49 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1317 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |