Azizah, Rifaatul (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS DOMINO TERHADAP MINAT BELAJAR AKSARA JAWA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Cacaban 1 dan 6 Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0097_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0097_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0097_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0097_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0097_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (226kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kontekstual berbasis Domino terhadap minat belajar aksara Jawa siswa kelas III
Sekolah Dasar Negeri Cacaban 1 dan 6 Kecamatan Magelang Tengah Kota
Magelang.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi
eksperimental) dengan menggunakan model nonequivalent control group design.
Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri
Cacaban 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa dan 28 siswa kelas
III Sekolah Dasar Negeri Cacaban 6 yang sebagai kelas kontrol. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Uji validitas
instrumen angket menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas
menggunakan rumus croanbach alpha. Analisis data menggunakan teknik
statistik parametrik yaitu uji T (Independent Sample T Test) dengan bantuan SPSS
25.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Kontekstual
berbasis media Domino berpengaruh positif terhadap minat belajar aksara Jawa.
Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji T (Independent Sample T Test) dengan
signifikansi sebesar 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya
terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar kelompok eksperimen
dengan minat belajar kelompok kontrol setelah diberi perlakuan. Dengan
demikian penggunaan model kontekstual berbasis media Domino berpengaruh
positif terhadap minat belajar aksara Jawa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M. Si., (0007096412) dan Galih Istiningsih, M. Pd. (0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar Aksara Jawa, Model Pembelajaran Kontekstual, Domino |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 02:43 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:59 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |