Adytia, Ogan Wahyu (2019) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0058_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (751kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0058_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0058_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0058_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0058_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok
dengan teknik self control untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas
X Multimedia 3 SMK Muhammadiyah Salaman.
Desain dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental
Design) dengan model Pretest-Posttest One Group Gesign. Subjek penelitian dipilih
secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 8 orang siswa sebagai
kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket
kedisiplinan belajar dan wawancara tidak terstruktur. Uji validitas instrument angket
kedisiplinan belajar dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji
reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for
Windows versi 23.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji
homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistic parametric yaitu uji Paired
Samples T-Test dengan menggunakan program SPSS for Windows versi 23.00.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kedisiplinan belajar siswa mengalami
peningkatan setelah memperoleh konseling kelompok dengan rata-rata 25% dan hasil
analisis uji Paired Samples T-test dengan nilai signifikansi menunjukan p=0,000.
Hasil probabilitas menunjukan kurang dari 0,05 maka hipotesis Ha diterima dan Ho
ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa
konseling kelompok dengan teknik self control efektif untuk meningkatkan
kedisiplinan belajar pada siswa kelas X Multimedia 3 di SMK Muhammadiyah
Salaman.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd. (0028036001) dan Hijrah Eko Putro, M.Pd. (0626098401)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok Teknik Self Control, Kedisiplinan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:42
Last Modified: 04 Feb 2025 01:33
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1312

Actions (login required)

View Item View Item