Sari, Niken (2019) PENGARUH KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK REINFORCEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0076_BAB I_ BAB II_ BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (637kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0076_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0076_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0076_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0076_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok
menggunakan teknik reinforcement untuk mngurangi perilaku bullying. Penelitian
ini dilakukan pada siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah Tempuran Kabupaten
Magelang Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest. Pengukuran
dilakukan dengan skala perilaku bullying yang diberikan sebelum perlakuan dan
sesudah perlakuan. Sampel yang diambil sebanyak 5 orang, diperoleh dari hasil
pretest menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu memiliki
perilaku bullying tinggi. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis
data menggunakan analisis non-parametrik Wilcoxon signed rank test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok menggunakan
teknik reinforcement berpengaruh untuk mengurangi perilaku bullying. Hal ini
dibuktikan dari hasil analisis Wilcoxon dengan probabilitas nilai sig (2-tailed)
0,043<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan , terdapat perbedaan skor
pretest dan posttest sebesar 17,4 atau 18,87%. Hasil dari penelitian ini
disimpulkan bahwa konseling kelompok menggunakan teknik reinforcement
berpengaruh untuk mengurangi perilaku bullying siswa kelas VII C SMP
Muhammadiyah Tempuran Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati,M.S.,Kons. (0002086001) dan Dewi Liana Sari, M.Pd. (0626058702)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Reinforcement, Perilaku Bullying
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:41
Last Modified: 18 Jan 2020 02:41
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1311

Actions (login required)

View Item View Item