Suryono, Artika (2019) PENGARUH MODEL NUMBER HEAD TOGETHER BERBASIS SHORT CARD MODIFICATION TERHADAP HASIL BELAJAR (Penelitian pada Siswa Kelas III SDN Grantung, Bayan, Purworejo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0118_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (648kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0118_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0118_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0118_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0118_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model
pembelajaran number head together berbasis short card modification terhadap
hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Grantung.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi
experiment), dengan model Nonequivalent Conrol Group Design. Sampel yang di
ambil sebanyak 62 siswa yang terdiri dari 31 kelompok eksperimen dan 31
kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode tes. Tes ini
digunakan untuk menguji sejauh mana siswa mengalami perubahan hasil belajar
sebelum dan sesudah mengambil tindakan. Teknik analisis data menggunakan uji
T independent dengan program SPSS 16 yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat
berupa uji normalitas dan kesamaan dua varians (homogenitas) dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model
number head together berbasis short card modification terhadap hasil belajar.
Bukti adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu adanya perbedaan signifikan
antara selisih nilai rata-rata posttest kedua kelas yaitu 6,7 dengan rata-rata pada
kelas eksperimen 76,6 dan kelas kontrol 69,9 serta hasil t-test mempunyai nilai
signifikansi 0,012 < 0,05 sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa adanya
pengaruh penggunaan model pembelajaran number head together berbasis short
card modification yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah
Dasar Negeri Grantung.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Sugiyadi M.Si.,Kons (0627057501) dan Dhuta Sukmarani, M.Si (0609088701)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Number Head Together, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:40
Last Modified: 18 Jan 2020 02:40
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1310

Actions (login required)

View Item View Item