Wulandari, Afi (2019) PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SITURAJA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV Sebanyak 38 Siswa di SD Negeri Ringinanom 2 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0148_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0148_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0148_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0148_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0148_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (62kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Teams
Games Tournament (TGT) dengan media teka-teki Situraja terhadap keterampilan
membaca aksara Jawa siswa kelas IV SD Negeri Ringinanom 2 Kecamatan
Tempuran Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model
Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Subjek
penelitian dipilih secara sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 38 siswa
terdiri dari 19 siswa kelompok eksperimen dan 19 siswa kelas kontrol. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan mengguankan tes dan observasi. Uji validitas
instrument tes menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan
computer program IBM SPSS Statistic 23. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji
normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistic Mann
Whitney U dengan bantuan computer program IBM SPSS Statistic 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Teams Games Tournament
(TGT) dengan media teka-teki Situraja berpengaruh positif terhadap keterampilan
membaca aksara Jawa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Mann Whitney U
pada kelompok eksperimen dengan nilai 0,001<0,05. Hasil uji Kolmogrov
Smirnov pada observasi keterampilan membaca aksara Jawa kelompok
eksperimen dengan nilai 0,004<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan,
terdapat perbedaan skor rata-rata tes hasil belajar antara kelompok eksperimen
sebesar 84 dan kelompok kontrol sebesar 64. Hasil dari penelitian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) dengan
media teka-teki Situraja berpengaruh positif terhadap keetrampilan membaca
aksara Jawa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons (0012096606) dan Galih Istiningsih, M.Pd (0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | Model Teams Games Tournament (TGT), Membaca Aksara Jawa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 02:38 |
Last Modified: | 18 Jan 2020 02:38 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1308 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |