Febriningtyas, Laela (2019) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0029_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0301.0029_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0301.0029_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0301.0029_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0029_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling
kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa
kelas VIII A SMP Negeri 3 Temanggung.
Pendekatan ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model One
Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive
sampling. Sampel yang diambil sebnayak 10 siswa. Ada dua variabel yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas yang berupa konseling
kelompok dengan teknik role playing dan variabel terikat yang berupa
kepercayaan diri. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Uji
validitas instrumen kepercayaan diri dengan validasi butir. Analisis data
menggunakan non parametic dengan teknik uji wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan
kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok
dengan teknik role playing dibuktikan dengan hasil analisis uji wilcoxon sebesar –
2,809 sehingga pengajuan hipotesis diterima jika taraf signifikan probabilitas
kurang dari 0,05 dan skor rata - rata pretest sebesar 127,80 dan posttest sebesar
154,50 yang memiliki selisih rata - rata skor pretest dan skor posttest sebesar
26,7% dengan peningkatan rata - rata 20%.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi. (0614107401) dan Sugiyadi,M.Pd., Kons. (0627057501)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Role Playing, Kepercayaan Diri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:37
Last Modified: 11 Feb 2025 07:41
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1307

Actions (login required)

View Item View Item