Argian, Muhammad (2019) HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR (Penelitian pada Siswa Kelas V Gugus Terampil Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0086_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0086_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0086_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0086_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0086_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (420kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara
pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas
V Sekolah Dasar Gugus Terampil Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan tiga
variabel yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Pengelolaan
kelas sebagai variabel bebas pertama, motivasi belajar sebagai variabel bebas
kedua, prestasi belajar sebagai variabel terikat. Jumlah siswa yang diteliti
melibatkan sampel sebanyak 89 responden dan penentuan responden berdasarkan
teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berbentuk angket
pengelolaan kelas dan motivasi belajar, serta dokumentasi prestasi belajar siswa.
analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan analisis regresi
berganda.
Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas
menunjukkan kategori yang sangat baik (82,66%), motivasi belajar dalam
kategori baik (62,90%), dan prestasi belajar siswa dalam kategori yang baik
(80,46%). Hasil regresi sederhana pertama menunjukkan Rhitung= 0,213> Rtabel=
0,05 jadi pengelolaan kelas berhubungan sebesar 21,3% terhadap prestasi belajar
siswa. Hasil regresi sederhana kedua menunjukkan bahwa motivasi belajar
menunjukkan Rhitung= 0,574 > Rtabel = 0,05 jadi motivasi belajar berhubungan
sebesar 57,4% terhadap prestasi belajar. Pengelolaan kelas dan motivasi belajar
secara bersama-sama terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan
Fhitung=59,413 > Ftabel=3.10 dan hasil regresi berganda menunjukkan signifikansi
sebesar 58%. Bertitik tolak pada hasil penelitian, maka hendaknya guru lebih
memperhatikan serta meningkatkan pengelolaan kelas dan motivasi belajar
sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang optimal.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Purwati, MS.,Kons (0002086001) dan Dhuta Sukmarani, M.Si (0609088701) |
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 02:24 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 01:59 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |